Penyebab dan Solusi Lovebird tidak bisa Bertelur

Post a Comment
Apa sih Penyebab Lovebird tidak bisa Bertelur dan Apa Solusinya ? - Burung Lovebird Tidak bisa bertelur adalah salah satu masalah klasik buat para pemula yang baru saja terjun di dunia perternakan "Khususnya Burung Lovebird". Meski Burung Lovebird Terlihat Kawin tapi setelah ditunggu sekitar 15 hari lamanya Sang Betina tak kunjung Bertelur.



Warga malaya tidak bisa memprediksi dengan akurat Penyebab Burung Lovebird tidak bisa bertelur, tapi tentunya kami bisa menyimpulkan dari berbagai informasi dan pengalaman - pengalaman para senior peternak burung lovebird yang ada. pastinya hal yang sering di pertanyakan oleh para pemula peternak lovebird adalah kenapa sang Betina gak kunjung - kunjung Bertelur meski sudah beberapa kali kawin.

Nah.. mengenai tragedi diatas mungkin Penyebab dan Solusi Burung Lovebird Tidak bisa bertelur yang akan kami sampaikan dibawah ini bisa menjadi pengalaman baru buat sahabat-sahabat Kicau mania dan Kicau lovers sekalian.

Penyebab Dan Solusi Lovebird Tidak bisa Bertelur

Sesama jenis
Nah... ini biasanya terjadi pada kawula pemula yang belum bisa membedakan antara Burung Lovebird Jantan Dan Betina. dan Fakor lain kegagalan lovebird dalam memproduksi Telur dikarenakan Burung Lovebird adalah merupakan Monomorfik seksual dimana berarti bahwa Burung lovebird Jantan dan betina Secara fisik hampir sama dan sulit untuk dibedakan "Bagi Pemula" dan sifat burung lovebird yang akrab biasanya disalah artikan sebagai pasangan serasi padahal sesama jenis.

Usia masih belum Mapan Kawin
Usia rata-rata Burung lovebird melakukan Perkawinan adalah 7-13 Bulan, itu adalah masa-masa burung sudah memasuki masa birahi dan siap kawin. jika mungkin Lovebird kalian belum cukup umur dan mapan tapi sudah birahi hal tersebut dapat membuat Burung lovebird "Betina" bisa bertelur tapi Embrio Telur yang dihasilkan Kosong dan gak akan pernah menetas. Baca: Cara Merawat Anakan Lovebird Hingga siap Lomba

Egg Binding
ini terjadi jika Postur Burung betina kalian kecil, Yaitu burung Lovebird Betina tidak bisa mengeluarkan Telurnya dikarenakan Egg Binding/ Telur Lengket dan menempel pada dinding Rahim Sang Betina. jadi jika kalian menemukan Betina Lovebird yang ukurannya kecil jangan jadikan Indukan / Petelor.

Karena jika kalian memaksakan Betina lovebird yang ukurannya kecil sebagai Indukan / petelor, maka kemungkinan besar Burung tersebut akan mengalami Hipotermia dimana Burung tersebut kesulitan untuk Membuang Kotoran "Nelek" dan pada akhirnya mengakibatkan Kematian Pada Burung Lovebird Indukan kalian.





Kemudian Apa Solusi supaya Burung Lovebird dapat Bertelur dengan mudah dan Cepat?

Dekatkan dengan Pasangan lain
Silahkan sahabat kicau mania lakukan step pertama ini, silahkan dekatkan sangkar burung lovebird kalian ke burung lovebird lainnya. hal ini mempunyai fungsi dimana kalian bisa juga membedakan antara burung Lovebird kalian jantan atau betina. silahkan kalian tes satu persatu dengan lovebird yang sudah pernah bertelur dan diketahui jenis kelaminnya. dan Fungsi lainnya juga bisa membuat Burung lovebird kalian cepat Kawin dan mendengarkan suara dari pasangan lovebird lainnya.

Jangan Pasang Gelodok
sobat kicau mania jangan pernah pasang Gelodok sebelum Lovebird dipantau sudah melakukan perkawinan, kenapa demikian....??? karena jika Gelodok langsung kalian pasang ke kandang lovebird biasannya sang Lovebird tidak akan Fokus kawin dan malah sibuk dengan Gelodoknya dan bermain keluar masuk Glodok saja.

nahh... jika kalian sudah pantau Bahwa lovebird kalian sudah melakukan perkawinan barulah Gelodok di masukan ke Sangkar burung supaya lovebird bisa membuat Sarang "Susohnya". dan jangan lupa kalian bantu bersih bersih sarangnya supaya burung lebih nyaman di sarang barunya.

Jenis Pakan, Extra Fooding dan Beri Vitamin
Pemberian pakan dan tambahan Vitamin pastinya sangat baik bagi masa - masa Produksi dan Percepatan Perteluran. Jadi  silahkan berikan Pakan Special pada saat masa masa Kawin.
Kenapa Gak Setiap hari Saja Diberikan Extra Fooding dan Vitamin ?
jika ada pertanyaan seperti itu, jawabannya adalah Hemat.... hehehhe... tapi bukan itu yang terpenting karena dengan Pemberian Extra Fooding dan Vitamin yang berlebihan pada Lovebird juga akan mengakibatkan Burung mengalami Obesitas dan pada akhirnya malah burung sulit untuk Bertelur. Obesitas / kegemukan yang berlebihan akan membuat Lovebird malas untuk melakukan perkawinan dan juga bisa menimbulkan Egg Binding.




Silahkan Berikan Pakan dan minum teratur setiap hari, idealnya biasanya kalian ganti di pagi hari supaya kesehatan lovebird juga terjaga, jika ingin memberikan Extra Fooding dan Vitamin silahkan berikan Maximal 2-3 kali sehari sesuai Kondisi burung dan hanya berlangsung disaat masa kawin.
 Jika mungkin sobat kicau mania mempunyai pengalaman yang dapat melengkapi artikel mengenai Penyebab dan solusi Lovebird tidak bisa bertelur, maka silahkan tambahkan di kolom komentar, dan kami akan menambahkan kedalam artikel dan kredit link Facebook / instagram kalian.
Itulah sedikit ulasan mengenai Penyebab dan Solusi Buat Lovebird yang tidak bisa Bertelur dan sulit kawin yang mungkin bisa bermanfaaat bagi sahabat kicau mania dan Kicau Lovers sekalian. Semoga bisa menjadikan solusi dan pengalaman tambahan buat sahabat-sahabat sekalian. Jangan lupa Share ke Sobat - sobat kicau lainnya yachhhh.....!!!
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter