10 Jenis Lovebird Yang Paling Bagus dan Paling Mahal

Post a Comment
Kumpulan Jenis Warna Burung Lovebird yang paling Bagus dan paling Malah Versi Wargamalaya - Pastinya kalian pernah berfikir, Burung Lovebird yang bagus itu Warna apa yah ? kalangan Kicau Mania dan para pecinta burung lovebird pastinya penasaran sebenarnya Jenis Dan warna apa yang paling banyak dicari dan diminati oleh para pecinta burung yang satu ini.

Berdasarkan Survai dan pengalaman banyak sumber, untuk penilaian pada bidang jenis warna bulu burung lovebird yang paling bagus dan paling mahal, setidaknya ada lebih dari 10 kriteria yang bisa sobat simak di bawah ini, tentunya penilaian dimulai dari kepala, badan, hingga ke kaki yang sering di sebut dengan Beauty Contest Lovebird.

Penilaian Burung Lovebird Menurut jenis dan warna (Beauty Contest Lovebird)
Berikut adalah Hasil dari pengalaman dari berbagai sumber untuk menentukan jenis Lovebird yang bagus dan mahal Versi Komuntas Burung Indonesia (KBI). Lovebird yang Bagus adalah Lovebird yang mempunyai spesifikasi seperti Kepala Bulat Menonjol,Warna Tegas dan Mengkilap, Dada Bidang, Punggung Bawah dan Ekor membentuk seperti huruf V,Badan Tidak mengalami Cacat, Bagian Sayap Rapat dan tidak Turun, Ukuran Tubuh Besar, Mata Tajam, Serta Tingkah Laku Gesit, sehat dan Pintar.

Namun hal ini akan berbeda jika hal yang terjadi adalah Penilaian Pada Lomba Suara Lovebird, yang biasanya lebih mengutamakan penilaian pada kualitas Suara dan tidak sedetail dengan penilaian pada Beauty Contest Lovebird yang mengetumakan keindahan dan kecantikan Burung.

Jadi semua burung lovebird Bisa di ikutkan lomba Beauty Contest Lovebird meski mungkin suara tak Semerdu Burung Lombaan masih ada kemungkinan untuk menang pada perlombaan Beauty Contest Lovebird. Mengenai Jenis dan Warna Burung Lovebird Yang Paling Bagus dan Paling Mahal Bisa simak di Bawah ini Selengkapnya:

Jenis Dan Warna Lovebird Yang Paling Bagus Dan Paling Mahal Versi Wargamalaya



1. Lovebird Blorok (Ceriwis)

Jenis Burung Lovebird Blorok adalah salah satu sebutan buat Burung Lovebird yang memiliki Corak Warna Bulu Blorok. Untuk Spesifikasi Warnanya bisa lihat gambar dibawah ini.

Jenis Burung Lovebird Blorok ini banyak dicari dan disukai oleh para kalangan Pecinta Burung Lovebird di indonesia, dan Harga Jual dari Lovebird blorok ini cukup mahal sekitar kisaran 1 Juta hingga 1,5 Juta, Untuk Bakalan umur di atas 3 bulanan, dan jika Lovbird blorok sudah jadi dan siap produksi atau siap di perlombakan maka harga dari jenis Burung Lovebird Blorok ini bisa menjapai hingga 2 - 5 Jutaan (Tentunya targantung dengan Kepuasan dan kualitas serta daya tarik dari Burung Blorok tersebut kepada calon pembelinya)
Sedikit Tips dan Bocoran !!! Bahwa Lovebird Blorok ini Sobat sekalian bisa mendapatkannya dengan cara Kawin silang dengan beberapa jenis Burung lovebird yang berbeda. Misalnya "Kalian melakukan perkawinan silang antara Lovebird Lutino dengan Lovebird Dakori" yang nanti kemungkinan besar akan mendapatkan hasil bakalan anakan berjenis Lovebird Blorok Hijau atau mungkin juga bisa Berjenis Lovebird Green Series.

2. Lovebird Parblue / (Yellow Face)

Jenis Burung Lovebird Parblue atau sering juga disebut dengan Burung Yellow Face ini adalah perpaduan Warna bulu dari muka yang berwarna Kuning agak sedikit keputihan (Lebih jelasnya silahkan lihat sample Gambar di bawah). Istilah Nama Parblue sendiri di ambil dari sebuak kata akronim "Partial Blue atau Sebagian Biru" dan biasanya tipe jenis Love Bird Parblue ini sangat unik pada bagian Paruh yang berbeda pada kebanyakan burung lovebird lainnya. pada bagian Paruh Burung Love bird Parblue ini memiliki warna Oranye bukan warna merah yang kebanyakan pada Burung - Burung Lovebird lainnya.

Penemu pertamakali lovebird Parblue adalah seorang Breeder benama Felix Vale yang berdomisil di Kota Tampa, Florida US pada tahun 2001 lalu. dan setelah itu Lovebird Parblue di budidayakan oleh warga indonesia dan disilangkan kembali sehingga mempunyai banyak spesies baru lagi. Dan pada saat ini meski Love birdParblue sudah cukup banyak di indonesia seperti jenis Lovebird parblue hijau, lovebird parblue sable head, Lovebird parblue Standar pastel, lovebird parblue Blorok, Lovebird parblue Fischeri, lovebird parblue personata dan lain - lain lagi macamnya.

Untuk masalah pembudidayaan dan ternak untuk menghasilkan Lovebird parblue cukup mahal jika dibandingkan dengan membudidayakan lovbird lokal yang tergolong lebih murah, dikarenakan jika mungkin kalian ingin membudidayakan Lovebird Parblue maka kalian musti mempunyai beberapa indukan pardblue yang harganya lumayan mahal 10 jutaan.

3. Lovebird Violet



Jenis Lovebird Violet Adalah salah satu jenis lovebird yang mengubah warna bulu Blue normal di area Spongenya menjadi sebuah warna baru yaitu Warna Violet. dan Jenis Lovebird Violet ini mempunyai Vaktor (Penurunan Genetika / Sifat) Single (SF) dan Double (Double). dan jika kalian ingin membudidayakan dan mempunyai anakan Lovebird Violet, maka salah satu indukan Lovebird musti harus Lovebird Violet, entah itu jantannya atau betinanya dan jika kalian ingin mendapatkan kepastian maka kalian bisa pakai metode 2 indukan yang sama sama berjenis Lovebird Violet.

Ciri - ciri dan spesifikasi dari burung Lovebird Violet adalah Mempunyai warna Bulu Biru keunguan (Violet) yang biasanya berada pada bagian Sayap dengan paduan warna sedikit hitam, dan pada bagian Perut biasanya berwarna putih, untuk bagian kepala biasanya berwarna Hitam dan di bagian paruh biasanya berwarna Orange Tua atau Putih Pucat.

Dan Beberapa Varian dari lovebird Violet ini biasanya dinamai dengan Lovebird Pastel Violet yang biasanya jenis bulu lovebird ini berdominan lebih putih dan ada sedikit warna pastel Violet pada bagian Sayap atau di bagian punggungnya.

Mengenai Harga Pasaran dari Jenis Burung Lovebird Violet ini biasanya untuk harga anakan sekitar 2-3 Bulan 300 - 400 ribuan dan untuk Lovebird Violet Dewasa mungkin sekitar 500 - 900 ribuan tergantung juga dari Suara dan penampakan burung Lovebird tersebut.

4. Lovebird Batman

Seperti Nama layaknya Super hiro di Komik - komik, karena pada jenis Burung Lovebird Batman ini Semua Bulu hampir berdominan dengan warna Hitam, seperti Tokoh Batman yang sebenarnya hehhe...meski jika dalam perlombaan jenis burung ini sangat jarang sekali ikut dalam perlombaan (Mungkin karena Warnanya yang hanya berwarna hitam yang membuat orang-orang kurang PD untuk diikutkan kedalam perlombaan) namun tak sedikit pula orang - orang yang menyukai Lovebird Batman ini karana mungkin terlihat lebih elegan dan maskulin atau mungkin suaranya yang lain dari pada yang lain.

Ciri - Ciri Lovebird Batman adalah warna Bulu, kepala, sayap, punggung dan ekornya semua di dominasi dengan warna hitam dan pada warna lehernya biasanya berwarna putih kesemu semuan atau abu-abu dan biasanya pada bagian disekitar area mata ada lingkaran berwarna putih seperti kaca mata yang menghiasi matanya.

untuk masalah Harga dari Jenis Burung Lovebird Batman ini juga lumayan mahal antara kisaran 600 Ribu hingga 1 Jutaan.

5. Lovebird Biola

jenis lovebird Biola ini adalah salah satu jenis burung lovebird yang paling mahal. Lovebird biola atau sering disebut juga dengan Opaline Fischeri ini cukup banyak di sukai oleh para pecinta burung lovebird di indonesia, pasalnya jenis burung lovebird Biola ini masih sulit untuk di cetak atau dikembang biakkan secara masal, dan dengan kesulitan ini maka harga dari jenis burung lovebird Biloa ini terbilang lumayan mahal dari jenis - jenis lainnya.

Harga Lovebird biola ini memang terbilang sangat mahal untuk anakan saja bisa sampai 1 jutaan dan untuk burung dewasa atau yang sudah siap untuk ikut diperlombakan mungkin bisa mencapai harga 5 - 8 jutaan bahkan burung import dari thailand yang bernama Lovebird Biola Euwing Split Blue Ini anakannya saja bisa mencapai 40 juta (Dikutip dari penjualan burung di OLX).

6. Lovebird Lutino



Jenis Burung Lovebird Lutino ini adalah jenis lovebird yang sangat unik karna jenis lovebird Lutino ini mempunyai  sepasang mata yang merah dan ada pula yang berwarna hitam. nah... pada survai kali ini lovebird Lutino dengan mata yang merah adalah jenis burung lovebird yang paling di sukai oleh kebanyakan oran dan paling di cari oleh kebanyakan orang juga, dan tentunya harga lovebird lutino yang bermata merah lebih mahal dibandingkan dengan harga lovebird lutino bermata hitam.

mengenai harga Lovebird Lutino Bermata merah yang sudah dewasa sekitar 850 - 1 jutaan sementara untuk jenis lovebird lutino yang bermata hitam mungkin  berada lebih rendah dari burung Lovebird Lutino bermata merah mungkin di kisaran 750 - 900 ribuan.

Jenis Burung Lovebird Lutino sendiri juga cukup beragam jenisnya contohnya saja seperti Lovebird Lutino Golden Cherry (Warna bulu kuning dengan mata hitam), Lovebird Lutino Albino (warna bulu putih dengan mata yang berwarna merah), Lovebird lutino Biasa (warna bulu kuning dengan mata merah), Lovebird Pied (Warna bulu Bercak -Bercak atau istilahnya Blorok), dan Lovebird Cinnamon (Warna bulu kecoklat - coklatan).

Untuk membudidayakan dan mencetak Burung Lovebird Lutino yang paling mudah adalah dengan mengawin silangkan antara Lovebird pejantan Hijau normal dengan Burung Lovebird Lutino Betina. maka biasanya kombinasi anakan dari lovebird diatas akan menghasilkan anakan lovebird lutino dengan tingkat perbandingan antara 60-70% pada saat pertama kali dikembang biakan.


7. Lovebird Dakocan

Untuk lovebird dakocan itu sendiri hampir memiliki 5 jenis spesies baru yaitu Lovebird Dakocan Hijau, Lovebird Dakocan Original, Lovebird dakocan Ungu, lovebird dakocan Biru, dan lovebird semi dakocan. jenis burung lovebird Dakocan ini memiliki nama latin Agapornis Personatus atau sering disebut juga dengan Masked Lovebird (Lovebird Bertopeng).

Lovebird dakocan ini berasal dari dataran tinggi pedalaman utara tanzania, dan juga jenis burung Lovebird Dakocan ini juga banyaksekali di jumpai di Kenya Timur dan utara. dan sekarang juga terlampau banyak kita jumpai di negara kita sendiri.

Ciri - ciri fisik dari jenis burung lovebird dakocan ini adalah mempunyai warna tubuh yang banyak berdomain brwarna Hijau, sebagian warna bulu pada kepalanya berwarna Gelap (Bisa hitam, abu-abu dan coklat) dan warna bulu di sekitar leher berwarna kuning. tapi seiring berjalannya waktu dan hasil dari persilangan dan perkawinan silang warna lovebird dakocan sendiri sekarang mempunyai banyak variasi seperti jenis baru "Lovebird dakocan biru / lovebird dakocan Ungu"

dan mengenai harga pasaran dari jenis burung lovebird dakocan ini juga sangat bervariasi antara 250 -500 ribuan tergantung dari keunikan burung itu sendiri.

8. Lovebird Euwing

Jenis burung Lovebird Ewing ini pertama kali ditemukan pada tahun 2004 oleh penangkar burung lovebird dari belanda yang bernama Piet Verhijde. Ingin tau kenapa di namai dengan Lovebird Euwing ? ceritanya burung lovebird euwing ini adalah singkatan dari "Eumelamin dan Wing yang berartikan Sebuah Sayap karena tipe Lovebird euwing ini memang mempunyai keunian pada bagian sayapnya yang mempunyai warna sayap yang bercorak hitam ataupun berwarna kuning.

Ciri-ciri spesifik dari jenis burung yang satu ini adalah memiliki perpaduan warna domain yang cukup jelas antara warna hitam dan kuning, selain itu juga warna pada dada burung Euwing ini biasanya terlihat lebih terang dan mencolok antara warna kuning dan putih.

9. Lovebird Halfsider

jenis lovebird Halfsider adalah jenis burung lovebird yang paling sulit untuk di silangkan meskipun kalian menyilangkan dua indukan yang sama - sama Lovebird Halfsider pun, klain belum tentu mendapatkan hasil anakan berjenis Halfsider juga. ini disebabkan karena sebagian jeis burung ini mempunyai sifat keturunan Gynandromorph (Suatu kondisi dimana genetik dan fisik yang dibawa oleh indukan jantan / betina menjadi satu, bisa simetris atau mosaik (Acak). dan biasanya untuk jenis burung Lovebird Halfsider ini biasanya Mandul dan tidak bisa mempunyai keturunan, karena penyebabnya adalah ovarium kiri yang membawa dan menghasilkan sel telur terdapat hambatan. dan kondisi inilah yang menyebabkan Jenis burung Lovebird Halfsider sulit untuk di ternak dan di budidayakan. padahal jenis burung yang satu ini cukup ngetren dan banyak di gemari oleh para pecinta burung.

Bagi yang mungin ingin mengetahui jenis burung Lovebird Halfsider ini biasanya mempunyai ciri - ciri tampilan dan warna bulu yang mempunyai 2 warna dominan yang berbeda, bagian tubuhnya seperti terbelah secara vertikal diakibatkan oleh perpaduan 2 warna domain tersebut.

10. Lovebird Import Holland dan Taiwan

Berkembangnya Burung Lovebird dari berbagai negara pastinya akan ada jenis burung yang di eksport atau di import sebagai jenis baru yang bisa disilangan dengan burung lokal, dan negara paling banyak yang mengimport burung lovebird adalah dari Taiwan dan Holland (Belanda).

Pada dasarnya Lovebird import memeng tergolong lebihmahal dibandingkan dengan lovebird jenis lokal karena jenis loebird import biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus seperti ukuran tubuh yang lebih besar, atau mungkin bisa mendapatkan jenis anakan baru dari hasil persilangan dengan jenis burung lovebird lokal.

dan menurut pengalaman dan penelitian Antara Lovebird Holland dan Lovebird Taiwan lebih bagus lovebird dari Holland karana biasanya dari segi postur, warna bulu, dan perawakannya lebih bagus dari Holland namun jika dilihat dari segi suaranya mungkin lovebird dari taiwan lebih bagus karena mungkin jenis lovebird dari taiwan lebih sepat Gacor, keras dan bersuara lebih panjang dan mungkin lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan dan cuaca di negara kita.



Itulah sedikit ulasan mengenai 10 Jenis Lovebird yang paling Bagus dan Paling Mahal Versi Wargamalaya yang mungkin bisa bermanfaat bagi sobat Kicau mania atau Burung Lovers sekalian. jika mungkin artikel diatas bermanfaat bagi sobat sekalian maka jangan lupa Share yahhhh...... 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter